English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, May 17, 2011

Cuma Sekedar Share aja,, Tugas B. Ind ane ...

-->
tugas bahasa indonesia




drama dengan judul “AKIBAT TIDAK MAU BELAJAR





diperankan oleh:

abdul rahman (03)
sebagai emen

aditya putra mardani (04)
sebagai putra

ahmad firdaus (08)
sebagai daus

farid ansori (13)
sebagai parid

mochammad syafitra (18)
sebagai pak tra

siti sarah habibah (28)
sebagai siti







SMK NEGERI 26 JAKARTA
JL. BALAI PUSTAKA BARU I, RAWAMANGUN TELP. 4720310 FAX. 47866889
JAKARTA 13220



-->
-->
Suatu hari di sekolah, ada beberapa siswa kelas tiga yang sedang menunggu gurunya datang untuk mengajar pendalaman materi.

Emen   : eh rid, ngapain si ni sekolah pake ada acara PM segala?
Parid    : ga tau, kaya kurang kerjaan aja.
Emen   : cabut aja yok!
Parid    : lagi males cabut gw. Tes dulu. Kalo PMnya ga enak, baru kita cabut besok.
Daus    : kalian ga boleh gitu. PM kan buat menambah ilmu kita.
Siti       : selain itu kita jadi tau apa yang sebelumnya kita ga tau.
Emen   : apa pentingnya dalam hidup gw?

Seorang guru pun masuk kelas untuk memberikan materi.

Pak Tra            : Assalamualaikum anak-anak.
Siswa   : Wa alaikum salam.
Pak Tra: apa ada yang tidak masuk?
Daus    : tidak ada pak.
Pak Tra: apa kalian sudah baca buku tentang materi yang bapa berikan kemarin?
Siti        : sudah pak.
Pak Tra: kalian sudah? (menunjuk kearah Emen dan Parid)
Emen   : belom pak.
Pak Tra: kenapa belum?
Parid    : males pak. Ga penting.
Pak Tra: seharusnya kalian berpikir. Belajar itu bukan semata-mata hanya untuk sebuah nilai. Tetapi untuk mencari ilmu, karena ilmu berguna di dunia dan di akhirat.
Emen   : ok pak sip.
Pak Tra: seharusnya kalian contoh teman kalian itu si Daus dan Siti. Mereka tu belajar mati-matian demi masa depan mereka.
Parid    : mereka terus pak kayanya yang di puji. Saya bosen pak.
Emen   : tau ni bapak. Saya kek pak sekali-kali yang di puji.
Pak Tra : kalian kalo di bilangin bandel banget sih. Kalian berdua berdiri sekarang di depan kelas sampai PM selesai.

Mereka berdua pun berdiri sampai PM selesai.
Setelah PM selesai, mereka berduapun mengobrol.

Parid       : men, ternyata PM ga enak juga ya?
Emen       : gw bilang juga apa. Susah si lu kalo da bilangin.
Parid       : yauda, besok cabut aja yok.
Emen       : yoi yoi. Tapi masa berdua doang?
Parid       : ajak si Putra juga lah. Dy kan bego, ama kita aja kalah pinternya.
Emen       : ok lah. Biar gw aja yang ngomong ama dy.

                Keesokan harinya. Ketika para siswa akan melakukan PM lagi, mereka berdua melakukan perencanaan untuk bolos sekolah dan mengajak Putra untuk ikut dengan mereka berdua.

Emen       : eh coy, cabut yok.
Putra       : gw kan udah bego masa mw cabut.
Parid       : yaelah, masih kaku aja. Ngapain tw lu PM, ga guna tw ga lu.
Putra       : gw kan pengen belajar. Masa hidup gw suram mulu.
Emen       : yaelah, lu belajar tiap hari, tapi kenyataannya masih bego kan lu.
Putra       : iya jga ya. Yaudah yok cabut.

                Mereka bertiga pun bolos dan terlibat tawuran antarsekolah. Ketika mereka bertiga terlibat tawuran, Daus dan Siti yang baru pulang sekolah melihat mereka bertiga sedang terlibat tawuran.

Daus        : Siti lihat dah, kayaknya mereka bertiga teman sekelas kita tuh.
Siti           : iya bener tuh.
Daus        : kita kembali ke sekolahan yuk. Sebaiknya kita beritahu Pak Tra.
Siti           : yaudah yuk.

Mereka berdua pun kembali ke sekolah dan melaporkannya kepada guru mereka (Pak Tra).

Siti           : Pak Tra, maaf pak kami berdua ke sini mau melaporkan sesuatu pak.
Pak Tra    : melaporkan apa?
Daus        : gini pak, tadi ketika kami berdua mau pulang, kami melihat teman sekelas kami Putra, Parid, dan Emen terlibat tawuran.
Siti           : iya pak, malahan mereka membawa nama sekolah tercinta kita ini pak.
Pak Tra    : dimana?
Daus        : di depan mol Aroin pak lawan anak Raelis.
Pak Tra    : apa sekarang mereka masih tawuran?
Siti           : sudah tidak pak.
Pak Tra    : ya sudah, besok akan bapak tegur di kelas kalian.
Daus        : baik pak.

                Keesokan harinya ketika jam pelajaran di mulai. Mereka pun belajar seperti biasa. Tetapi Parid dan Emen tidak mau  belajar sehingga mereka pun hanya santai-santai ketia guru memberikan materi.

Pak Tra    : kalian berdua! Apa kalian tidak mau belajar dengan bapak?
Emen       : iya pak iya. Kita belajar deh.
Parid       : iya pak. Saya khilaf.
Pak Tra    : untuk kalian berdua, sepulang sekolah ke kantor bapak ya. Kamu juga Putra!
Putra       : lah! Saya salah apa pak? Saya kan ga ikut-ikutan.
Pak Tra    : sudah kamu lakukan saja apa yang bapak perintahkan!
Putra       : iya pak.
Daus        : kalian sih ga mau belajar.
Siti           : tau ni. Kita aja cape-cape belajar buat masa depan.
Pak Tra    : sudah-sudah jangan berdebat. Pokoknya untuk kalian bertiga sepulang sekolah ke kantor bapak!
Parid, Emen, dan Putra: iya pak!

                Sepulang sekolah mereka bertiga ke kantor untuk menghadap Pak Tra. Sesampainya di kantor mereka pun bertemu dengan Pk Tra.

Anak nakal: assalamualaikum pak!
Pak Tra    : wa alaikum salam. Silahkan duduk.
Anak nakal: iya pak terimakasih.

(Pak Tra pun langsung menampar mereka satu per satu. Sedangkan mereka bertiga hanya diam saja)

Pak Tra    : kemarin ada laporan dari teman kalian kalau kalian terlibat tawuran. Sekarang kalian betiga sudah lampu kuning. Itu artinya jika kalian melakukan  hal itu lagi. Maka, kalian akan di DO. Sekarang kalian bertiga buat surat pernyataan dan tanda tangan orag tua, dikumpulkan besok!
Anak nakal: iya pak!

                Ketika mereka bertiga keluar dari kantor.

Putra       : ah kapok gw ikut lu berdua. Gw mw tobat ah.
                  Ga mw ikut lu lu pada lagi. Gw mw belajar
Parid       : siapa suruh lu ikut? Gw juga palingan berhenti tawuran.
                  Tapi tetep aja gw males ama yg namanya belajar
Emen       : iya rid, sama gw juga males.



                Walau Putra sudah sadar dengan perbuatannya selama ini. Tetapi mereka berdua tetap tidak mau belajar.
                Satu bulan kemudian ketika UN akan di mulai. Mereka berdua sibuk mencari kunci jawaban. Mereka mendapat kunci jawaban yang di maksud dan mengajak Putra untuk mengikuti kunci jawaban tersebut.

Parid       : eh coy gw dapet kunci jawaban ni. Mw ga lu?
Putra       : kaga ah, gw kan udah belajar. Walaupun gw bego tapi kan gw usaha sendiri.
Emen       : yaelah, belajar tuh ga penting. Yang penting tuh hasil akhir.

Parid       : tau ni anak. Lu tau ga, sekolah tuh buat ngambil ijazah. Bukan jadi kutu buku. Setiap hari pikiran kita hanya dipenuhi dengan tekanan,, yang ada kita malah males datang kesekolah. Singa sirkus,, kita bisa bilang kalo singa itu TERLATIH, tapi kita gak bisa bilang kalo singa itu TERDIDIK. SINGA itulah KITA ...
Putra       : tetep aja gw ga mw. Nyontek itu kan dosa. Gw ga mw ama dosa. Dosanya buat lu aja dah.
Emen       : ok kalo itu mau lu. Pokoknya gw udah nawarin ya.

                Bel pun berbunyi dan seluruh siswa masuk kelas. Ujian yang berat pun di mulai karena ini adalah ujian untuk menentukan lulus tidaknya siswa yang melaksanakan UN.
                Ketika UN di mulai Parid dan Emen kesulitan untuk menjawab soal-soal sendirian dan mencontek kearah Daus dan Siti yang berada di depannya masung-masing.
                Saking sulitnya mereka mencontek kearah Daus dan Siti, mereka berdua pun menyalin kunci jawaban yang mereka dapatkan tadi.
                Ujian pun selesai dan para siswa pun lega dengan berakhirnya ujian tersebut. Tetapi tidak dengan Parid dan Emen, mereka berdua gelisah karena mereka ragu dengan kunci jawaban yang mereka dapatkan tadi.

Daus        : Alhamdulillah, lega juga akhirnya gw bisa ngerjain tu soal ujian.
Siti           : gw juga lega Alamdulillah. Untung aja tadi malem gw udah belajar.
Putra       : iya juga ya. Karena kita belajar, kita jadi bisa ngerjain tu soal. heheh
Daus        : iya sama, gw juga belajar.
                  Eh eh liat dah Parid ama Emen. (sambil melihat kearah Parid dan Emen yang sedang gelisah)
                  Kayanya tu anak berdua ga bisa ngerjain tu soal. Makannya mereka gelisah.
Siti           : kayanya iya. Kita samperin yuk.
Putra       : yuk

Daus        : kenapa lu berdua? Kayanya gelisah banget?
Emen       : iya nih. Gw jadi ragu ama jawaban gw sendiri.
Siti           : makannya kalian berdua belajar, jangan nyariin kunci jawaban mulu.
Parid       : kita liat aja pas pengumuman kelulusan nanti.

                Hari pengumuman kelulusan pun tiba dan seluruh siswa jantungnya berdetak kencang dan tidak sabar. Tetapi mereka berdua (Parid dan Emen) gelisah karena tidak bisa menjawab soal ujian kemarin dan hanya mengandalkan kunci jawaban.

Pak Tra    : siswa yang lulus adalah Siti,……. Daus,…….. dan yang terakhir Putra.
Anak-anak : yeeeee…
Pak Tra    : kalian Parid dan Emen tidak lulus. Selamat mencobanya lagi tahun depan.

                Parid dan Emen hanya tertunduk malu karena hanya mereka berdua yang tidak lulus. Setelah ujiannya di periksa ternyata kunci jawaban yang di terima Parid dan Emen salah 49, dan hanya satu jawaban yang benar.

                Mereka berdua sadar akan perbuatannya selama ini dan merubah sikapnya.

PESAN DARI KAMI: BELAJARLAH DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH UNTUK MENDAPATKAN ILMU KARENA ILMU AKAN MEMBAWA KITA PADA KESUKSESAN DAN MEMBAWA HIDUP KITA MENJADI LEBIH BAIK. SETELAH,BELAJAR, JANGAN LUPA DI AMALKAN, KARENA JIKA DI AMALKAN, NISCAYA ILMU YANG KITA AMALKAN ITU AKAN MENJADI BEKAL KITA DI AKHIRAT KELAK, INSYA ALLAH ...

0 comment(s):

Post a Comment